Jumat, 31 Desember 2010

Etika dalam internet

BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar belakang
Ditengah maraknya penerapan informasi dimana para ahli mengatakan masa depan adalah dunia informasi. Penerapan teknologi informasi ini mencakup berbagai bidang kehidupan manusia,masyarakat umum bahkan kalangan ahli informasi. Para ahli informasi disibukan dan dikejutkan dengan teknologi- teknologi baru dibidang perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) .Dengan adanya perkembangan dua factor tersebut diharapkan dapat memberikan suatu system komunikasi informasi yang lebih handal ,akurat ,tepat dan menggunakan system komunikasi informasi yang baru .Maju tidaknya perusahaan dan instansi bagfaimana suatu instansi tersebut dalam penentuasn penguasaan komunikasi informasi yang semakin komplek dan canggih. Dengan kata lain suatu instansi akan berkembang apabila mampu menguasai komunikasi informasi yang sedang berkembang saat ini.
SD N Grojogan yang beralamatkan didesa tamanan Banguntapan ,Bantul merupakan lembaga pendidikan sekaligus sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan akantetapi belum punya website sebagai media komunikasi antara sekolah dengan orang tua dan mayarakat luas,masyarakat luas sehingga bisa memantau kegiatan dan perkembangan di SD N Grojogan dan juga bisa memberi masukkan untuk kemajuan SD N Grojogan.
Mengingat dengan hal di atas ,maka tugas akhir penulis mencoba membuatkan “SISTEM INFORMASI DI SD N GROJOGAN BERBASIS WEB”.
I.2 Alasan Pemilihan judul
Pemanfaatan komunikasi informasi khususnya website saat ini sebagai media komunikasi antara sekolah dengan orang tua dan mayarakat luas agar dapat memantau kegiatan maupun perkembangan dan tidak menutup kemungkinan masyarakat memberi masukkan untuk kemajuan SD N Grojogan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Terkait dengan hal di atas, judul dalam laproran Tugas Akhir ini mencoba mengangkat pembahasan “SISTEM INFORMASI DI SD N GROJOGAN BERBASIS WEB”.
I.3 Perumusan masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas dapat dperoleh kesimpulan bahwa SD N Grojogan belum mempunyai website untuk mengatasi hal tersebut maka salah satu solusi yang paling efektif untuk mengatasi hal tersebut dengan membuatkan website SD N Grojogan .
I.4 Batasan Masalah
Permasalahan yang akan dibahas dalam penyusunan Tugas Akhir ini sebagai berikut:
a) Pembuatan website yang bias memberikan informasi pada masyarakat luas tentang SD N Grojogan .
b) Membuat disain Aminasi yang baik dan menarik.
c) Tampilan akhir dari disain web.
d) Penyajian buku tamu.
I.5 Maksud dan tujuan Penelitian
a) Bagaimana cara membuat disain web yang baik dan berkualitas.
b) Memudahkan mayarakat dalam mendapatkan informasi tentang SD N Grojogan
c) Mengetahui kelebihan dengan digunakan nya sarana website .
d) Bisa menampilkan hasil akhir disain web.
e) Menerapkan ilmu yang dperoleh penulis.
I.6 Manfaat penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sabagai berikut:
A.Bagi Penulis
1) Sebagai syarat melengkapi pengambilan teori program Diploma I ( DI ).
2) Menambah wawasan serta pengalaman didunia kerja pada era sekarang ini .
3) Pengusaan teknologi komunikasi informasi dan disiplin ilmu informatika yang semakin berkembang dan lebih unggul di era sekarang ini.
4) Dapat dijadika tolak ukur antara teori dan praktek yang didapat.
B.Bagi Perguruan Tinggi
1) Sebagai tolak ukur keberhasilan dari pada Perguruan Tinggi tersebut, apakah pengembangan ilmu tersebut telah sesuai tujuan dari misi tersebut.
2) Agar terjalin hubungan kerja sama antara dunia pendidikan dengan dunia kerja.
3) Sebagai bentuk pengabdian Perguruan Tinggi kepada mayarakat.
C.Bagi SD N Grojogan

Tidak ada komentar: