Minggu, 11 November 2012

Menikmati Keindahan Alam Gua Pindul


Menikmati keindahan Alam Gua Pindul
Sudah banyak tempat wisata alam gua yang ada di nusantara ini. Namun menelusuri gua melalui sungai bawah tanah merupakan pengalaman yang mengasyikkan. Gua tersebut terletak di Desa Bejiharjo kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul. Tempat wisata ini baru satu tahun dibuka, dan mulai dikenal luas oleh masyarakat luas. Oleh masyarakat sekitar gua tersebut dikenal dengan sebutan “Gua Pindul”. Selain wisata susur gua, anda juga bisa menikmati arung jeram di sungai Oya, dengan pemandangan batu-batu kapur dan hutan hijau di kanan kiri sungai. Lokasi wisata ini menawarkan beberapa paket. Yang pertama Paket Gua Pindul Rp 30.000, Paket rafting Rp 45.000. Menariknya aktifitas ini menggunakan ban dalam bekas. Tentu disertakan pula peralatan pengaman bagi penikmat wisata ini. 1346405200901619391
Untuk mencapai lokasi ini, sebenarnya cukup mudah. Bagi wisatawan yang akan berwisata ke Gua Pindul bisa mengawali startnya dari perempatan jalan Wonosari Ring Road selatan. Kemudian lurus sampai jalan menaiki sebuah bukit (bukit Patuk). Sesampainya di perempatan bukit Patuk masih lurus sampai pada rest area hutan Wanagama, kemudian lapangan udara Gading lurus sampai perempatan Siyono (air mancur) belok kiri. Ikuti jalan aspal sampai perempatan lampu merah masih lurus dan ada pertigaan sebelah kiri ada gerbang desa Bejiharjo belok kiri setelah itu ikuti jalan aspal hingga lokasi yang banyak terdapat tulisan Gua Pindul. Di sebelah kanan lokasi ada sekretariat pengelola, dan bagi wisatawan bisa langsung bisa menemui pengurusnya.
Setelah mendaftar dan membayar paket wisatanya, kita akan menunggu giliran untuk dipanggil sesuai dengan urutannya. Setelah itu kita akan di antar oleh guide yang cukup berpengalaman mendampingi wisatwan menyusuri gua ini. Dari sekretariat ini, kita akan menaiki jalan berbatuan dan mulai masuk kampung (desa) untuk mengawali start penyusuran. Sesampainya di start awal, kita akan di briefing sejenak dan memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk berfoto sejenak. Kita pun bisa meminta tolong guidenya untuk membawakan kamera agar kita lebih leluasa menikmati alam gua Pindul. Selebihnya guide tersebut akan memfoto sesuai kita pada saat melewati ornamen dalam gua yang menarik. Setelah kita mulai berada di atas ban, pelan-pelan arus akan membawa kita memasuki mulut gua yang cukup lebar. Disinilah petualangan itu dimulai.13464053331426171317
Di dalam gua, kita akan disuguhi pemandangan stalagmit/stalaktit yang masih aktif. Kita juga akan merasakan kegelapan gua yang sangat pekat. Selain itu kita akan melewati sebuah lubang besar (orang bilang luweng) tepat diatas kita. Luweng banyak terdapat di kawasan pegunungan seribu. Dan beberapa luweng di dalamnya ada sungai yang mengalir di bawah tanah. Pelan-pelan ban akan membawa kita menyusuri dinding-dinding gua yang lembab, setelah itu kita akan keluar melalui mulut gua yang di depannya terhampar genangan air sungai tadi. Beberapa wisatawan akan terlihat melompat terjun bebas dari atas bukit untuk sekedar menikmati genangan air sungai. Di genangan air ini petualangan kita berakhir. Selamat menikmati petualangan anda. 13464054081678993458

Tidak ada komentar: