Selasa, 08 Februari 2011

BAB I KKP PERPUSTAKAAN


BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Umum
Di era globalisasi perkembangan ilmu dan teknologi berkembang sangat cepat, jadi bagi siapa saja yang tidak mau belajar maka dia akan tertinggal jauh. Dengan adanya perpustakaan maka gunakanlah perpustakaan itu sebaik mungkin atau semaksimal mungkin, karena perpustakaan sebagai sarana mencari ilmu atau tempat mencari ilmu. Dengan membaca maka kita akan bertambah pengalaman serta wawasan yang luas.
Di masa sekarang ini perpustakaan itu sangat penting bagi siapa saja yang membutuhkannya. Di tiap-tiap sekolah pasti mempunyai perpustakaan baik swasta atau negeri, dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi, bahkan masyarakat umum pun banyak yang memiliki perpustakaan karena mereka menganggap perpustakaan itu sangat penting bagi mereka, karena masyarakat umum menilai bahwa perpustakaan itu gudangnya ilmu.
Untuk menunjang proses pembelajaran, maka sekolah pun mengadakan perpustakaan. Perpustakaan sebagai tempat menyimpan dan meminjam buku. Perpustakaan sekolah itu tidak hanya menyediakan buku sekolah, tetapi juga menyediakan koran, majalah serta hal-hal yang menunjang proses pembelajaran antara lain peta, globe dan lain-lain. Orang-orang yang menjadi anggota perpustakaan sekolah itu adalah guru, murid, serta karyawan yang bekerja di sekolah.
Ada beberapa fungsi perustakaan antara lain :
1.      Fungsi Pendidikan
Dilihat dari fungsi pendidikan perpustakaan itu tidak hanya memberantas buta huruf tetapi juga mencerdaskan generasi bangsa, sesuai dengan fungsi pendidikan itu sendiri. Dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (USPN) yaitu UU No 2 tahun 1989 tanggal 27 Maret 1989 pada pasal serta penjelasannya menyatakan bahwa salah satu sumber belajar yang sangat penting adalah perpustakaan yang harus memungkinkan para tenaga kependidikan dan para peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas serta memperdalam pengetahuan dengan membaca bahan pustaka yang mengandung ilmu pengetahuan yang diperlukan.
2.      Fungsi Rekreasi
Dengan membaca kita bisa sedikit menghilangkan rasa stress yang timbul pada diri kita, tidak hanya itu saja tetapi juga bisa menyegarkan kembali pikiran kita yang tadinya penuh dengan masalah pekerjaan.
3.      Fungsi Inspirasi
Dengan membaca maka akan timbul inspirasi atau ide yang mendorong pembaca untuk berbuat sesuatu, karena melihat kejadian-kejadian yang timbul pada saat membaca buku.
4.      Fungsi Penelitian
Setelah membaca maka akan timbul keinginan untuk melakukan penelitian. Karena adanya penelitian yang belum sempurna yang dilakukan oleh para ahli. Dengan modal pengalaman dari buku, kita juga bisa mengembangkan penelitian tersebut tanpa harus melakukannya dari awal.
5.      Fungsi Akumulasi dan Preservasi
Seperi diketahui bahan pustaka itu hasil perenungan, perasaan, maupun kehendak manusia untuk dikomunikasikan kepada pihak lain, baik masa itu maupun masa yang akan datang. Bahan pustaka tersebut dikumpulkan, disimpan, dan dipelihara untuk dilestarikan oleh perpustakaan guna dikomunikasikan kepada generasi yang akan datang, agar mereka mengerti tingkah laku atau kebudayaan masyarakat bangsa itu.
Mengingat pentingnya perpustakaan, maka perlu dikelola secara maksimal atau professional untuk mencapai tujuan pendidikan, pelayanan, penataan, sarana dan pengelolaan sangat diperlukan supaya pengunjung tidak dan untuk menarik warga sekolah agar gemar membaca dan mengunjungi perpustakaan. Adapun fungsi dan tujuan perpustakaan sekolah adalah sebagai berikut :
1.       Perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan murid terhadap membaca;
2.       Perpustakaan sekolah dapat memperkaya pengalaman belajar murid;
3.       Perpustakaan sekolah dapat menanamkan kebiasaan belajar mandiri.
4.       Perpustakaan sekolah dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca;
5.       Perpustakaan sekolah dapat melatih murid-murid ke arah tanggung jawab;
6.       Perpustakaan sekolah dapat membantu guru menemukan sumber pengajaran;
7.       Perpustakaan sekolah dapat membantu murid, guru dan anggota staf sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

1.2         Maksud dan Tujuan Penulisan
Adapun tujuan praktek kerja lapangan dan riset pembuatan Kuliah Kerja Praktek adalah sebagai berikut :
1.       Sebagai syarat kelulusan mata kuliah  Kuliah Kerja Praktik di Akademik Manajemen Informatika dan Komputer "Bina Sarana Informatika Yogyakarta.
2.       Untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama pendidikan ke dalam permasalahan-permasalahan yang memerlukan pemecahan sesuai ilmu yang telah di dapat selama perkuliahan.
3.       Untuk mengembangkan kreatifitas, gagasan serta menambah wawasan dan pengalaman bagi penulis khususnya dan pihak lain pada umumnya.
4.       Memberikan penjelasan dan gambaran serta keterangan-keterangan kepada pembaca tentang kegiatan penulisan selama melakukan praktek kerja lapangan atau riset.
Tujuan penulisan riset yang berjudul “LAPORAN PEMINJAMAN BUKU PERPUSTAKAAN PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMK) MUHAMADDIYAH KARANGMOJO ” adalah sebagai syarat kelulusan mata Kuliah Kerja Praktik di  jurusan Manajemen Informatika di  AMIK  "BSI Yogyakarta" .

1.3         Metode Pengumpulan Data
Untuk memeperoleh data yang diinginkan dalam membuat Laporan Kuliah Kerja Praktik penulis menggunakan beberapa metode yaitu :
1.      Metode Observasi
Yaitu secara langsung mengamati pada saat praktik kerja lapangan.
2.      Metode Studi Pustaka
Yaitu dengan melihat dan membaca dokumen yang berhubungan dengan pelaksanaan praktik dan proses pembuatan Kuliah Kerja Praktek sebelumnya, guan menambah data penulis laporan sekaligus memperkuat data.
3.      Metode Induksi
Yaitu dengan cara penulis mengambil kesimpulan berdasarkan beberapa hal dan data yang ada di perpustakaan.
1.4         Ruang Lingkup
Laporan Kuliah Kerja Praktik ini penulis susun berdasarkan riset yang penulis lakukan selama kurang lebih satu bulan pada perpustakaan SMK Muhammadiyah Karangmojo pada bagian pengelolaan buku dan pelayanan peminjaman buku di perpustakaan dari proses peminjaman,prosedur pengembalian serta prosedur laporan.
1.5         Sistematika Penulisan
Sistematika penyusunan laporan adalah sebagai berikut :
BAB    I     PENDAHULUAN
Berisi gambaran umum tentang manfaat dan fungsi serta tujuan perpustakaan sekolah, maksud dan tujuan penulisan laporan, metode pengumpulan data, ruang lingkup serta sistematika penulisan laporan.



BAB    II   LANDASAN TEORI
Berisi tentang penjelasan Sistem informasi dan perpustakaan sebagai pendukung laporan Kuliah Kerja Praktik di perpustakaan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) Muhammadiyah Karangmojo.
BAB    III  ANALISA SISTEM BERJALAN
Berisi tentang gambaran umum sekolah, tinjauan sekolah, sejarah sekolah, struktur organisasi sekolah serta fungsinya, sejarah perpustakaan serta fungsinya, prosedur sistem berjalan, diagram alir sistem berjalan, spesifikasi sistem berjalan, bentuk dolumen input, bentuk dokumen output, permasalahan yang terjadi di perpustakaan SMK  Muhammadiyah Karangmojo.
BAB    III  PENUTUP
Berisi tentang  penulis menarik kesimpulan dari beberapa bab yang telah penulis uraikan serta saran-saran sebagai masukan bagi kemajuan daan lebih meningkatkan sistem peminjaman buku di perpustakaan Sekolah Menengah Kejuruan   SMK Muhammadiyah Karangmojo.

Tidak ada komentar: